Asuransi Kesehatan : Berbagai Hal yang Mesti Anda Ketahui

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya AIA – Salah satu tokoh pendiri Microsoft, Bill Gates, pernah mengatakan bahwa yang paling dia takuti dalam berbisnis software dan komputer adalah aspek kesehatan, karena jika orang sakit komputer pun bisa mereka jual untuk berobat. Hal ini menandakan bahwa betapa mahal dan pentingnya nilai kesehatan. Yang namanya sakit, tidak bisa di tebak dan jika sudah terjadi biayanya bisa murah ratusan ribu sampai ratusan juta. Berapa pun aset dan harta yang kita miliki, jika sudah terkena sakit, seolah tiada artinya untuk menutup biaya berobat. Dari sinilah awal mula betapa pentingnya kita ikut program asuransi kesehatan.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Asuransi Kesehatan

Seringkali kita mendapatkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi, yang salah satunya untuk jenis produk asuransi kesehatan, tapi apakah kita sudah paham seluk belum produk yang ditawarkan tersebut? Jika kita tanyakan pada agennya, maka yang muncul tentunya semua kelebihan dan manfaat produk, namun sisi lain yang bisa saja penting Anda ketahui tidak disampaikan dengan baik. Untuk itulah Anda perlu belajar dan mencari tahu tips cara memilih asuransi kesehatan yang tepat pada perusahaan asuransi yang tepat pula.

Asuransi kesehatan adalah suatu produk asuransi yang dapat memberikan jaminan keamanan finansial kepada pemegang polis, ketika pemegang polis mengalami sakit atau gangguan kesehatan atau kecelakaan yang membuatnya masuk rumah sakit. Jika kita kelompokkan secara umum ada dua jenis perawatan yang ditawarkan pihak perusahaan asuransi, yaitu rawat inap dan rawat jalan. Nah, apakah kita butuh keduanya? Dan jika iya, kapan waktu yang tepat untuk mengambil kedua jenis perawatan tersebut?

Memiliki Asuransi Kesehatan dari Segi Finansial dan Sosial

Ada banyak alasan orang mengambil produk asuransi kesehatan, salah satunya yang sering terjadi walau terkesan konyol adalah ikut-ikutan teman atau agen asuransinya masih teman sendiri. Jika dilihat dari sisi finansial, asuransi kesehatan sangatlah penting karena berguna untuk mengurangi resiko yang berkaitan dengan perekonomian, dengan cara menggabungkan unit yang terkena resiko secara bersama–sama dan ditanggung bersama sehingga beban tertanggung menjadi lebih ringan. Dari sisi sosial, status sosial Anda akan tetap terjaga manakala bisa menanggung biaya rumah sakit sendiri, begitu pun sebaliknya. Di sinilah peran asuransi kesehatan sangatlah penting. Nah, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat?

Mengambil Paket Asuransi Kesehatan Mutlak Perlu

Orang baru ingat pentingnya kesehatan setelah mengalami sakit, namun kondisi seperti ini jelas sudah terlambat. Ada beberapa pertimbangan penting seperti yang diajarkan dalam ajaran Islam terkait pentingnya memanfaatkan waktu sehat sebelum sakit. Berikut ini pertimbangan penting tersebut:

1. Manfaatkan Masa Sehatmu Sebelum Masa Sakitmu

Sangatlah wajar ketika tak ada agen asuransi yang keliling bangsal rumah sakit menawarkan asuransi kesehatan. Asuransi tentu saja tak mau menanggung biaya orang yang sudah jatuh sakit. Mereka pasti pakai ketentuan pre existing condition yang artinya penyakit yang tak ditanggung lantaran sudah diderita sebelum jadi nasabah perusahaan asuransi. Jadi perlu kejujuran dan cek kesehatan sebelum mengambil produk asuransi kesehatan supaya jelas mana yang dilindungi paket asuransi dan penyakit mana yang tidak.

Jika tidak jelas, maka potensi salah paham akan muncul karena perusahaan asuransi juga tak mau rugi mengingat biaya untuk meng-cover pengobatan lebih besar daripada polis. Intinya, perusahaan asuransi tak mau menerima nasabah yang sudah menderita sakit. Kalau pun diterima dengan syarat tak menanggung sakit yang sudah diderita itu. Jadi jelas sekali bahwa selagi Anda saat ini masih sehat, segera ambil paket asuransi kesehatan sekarang juga.

2. Manfaatkan Masa Mudamu Sebelum Masa Tuamu

Selagi masih muda, logikanya, lebih sehat daripada yang sudah tua, karena meskipun umur masih muda bukan berarti bebas dari masalah kesehatan. Hal ini menjadi pertimbangan mahalnya premi asuransi kesehatan saat Anda sudah semakin tua karena makin tua seseorang maka kemungkinan menderita sakit makin tinggi. Inilah alasan kenapa premi asuransi kesehatan bagi yang berusia tua lebih mahal dari mereka yang masih muda. Supaya hemat dan efisien, ajukan paket asuransi Anda sekarang juga.

Saran dalam Memilihi Asuransi Kesehatan
Bagimanakah cara memilih asuransi kesehatan yang tepat? Memilih asuransi yang tepat pada prinsipnya adalah membayar premi untuk paket asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa poin penting yang perlu di pertimbangkan antara lain:

1. Tawaran Cash Plan bukan Prioritas

Anda pernah mendengar istilah cash plan? Cash plan adalah tawaran asuransi dengan manfaat penggantian berdasarkan berapa lama Anda di rawat di sebuah rumah sakit. Artinya penggantian biaya sesuai plafon harian, misalnya per hari Rp1 juta, tinggal kelipatan berapa lama dia di rawat. Hal ini tidak menguntungkan karena biaya rumah sakit tidak bisa diperkirakan dengan nominal tetap seperti itu. Prinsip asuransi kesehatan juga seharusnya mengganti semua biaya yang dikeluarkan selama di rawat. Jika Anda mengambil cash plan bisa jadi dana Anda akan terkuras karena ada begitu banyak biaya selama di rawat di rumah sakit yang tidak bisa di prediksi dengan model cash plan seperti itu. Sebenarnya cash plan lebih murah daripada bayar premi asuransi. Namun sebaiknya cash plan cukup Anda pakai sebagai tambahan asuransi kesehatan saja.

2. Periksa Ketentuan Rawat Inap

Perlu Anda perhatikan, salah satu tips memilih asuransi kesehatan yang baik adalah adanya penjelasan secara terperinci kepada calon nasabah sampai mereka paham isi polis termasuk mengenai ketentuan rawat inap. Tiap perusahaan asuransi punya ketentuan yang berbeda-beda, misalnya terkait rawat inap harus di rumah sakit, melahirkan harus dokter kandungan, dan sebagainya. Pelajari dengan detil dan komunikasikan dengan agen asuransi kesehatan Anda.

3. Pahami Kebijakan Double Claim

Jika Anda punya fasilitas klaim kesehatan dari kantor, maka Anda perlu melihat fasilitas dobel klaim paket asuransi yang akan diambil. Pastikan syaratnya mudah, cukup pakai fotokopi kuitansi rumah sakit yang dilegalisir, maka klaim pun bisa dicairkan. Saat ini hampir semua perusahaan asuransi memberlakukan syarat yang cukup mudah dalam proses dobel klaim, hanya cukup fotokopi kuitansi legalisir saja, sementara yang asli untuk klaim di kantor.

4. Hindari Unit Link

Asuransi murni bisa maksimal melakukan proteksi manakala tidak tercampur dengan produk investasi. Pilih asuransi kesehatan murni apabila belum memiliki asuransi kesehatan atau punya tetapi plafonnya kecil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s