Mengintip Uang Jajan Anak Selebriti dan Tips Mencegah Anak Jadi Boros

Perlengkapan foto – Memberikan uang jajan pada anak bisa jadi hal yang menyenangkan bagi anak tapi memusingkan bagi orangtua.

Dengan memberikan uang jajan, orangtua memang bisa mengajarkan anak tanggung jawab mengelola keuangan. Namun orangtua seringkali kesulitan dalam mengontrol jajanan anak. Apalagi, sekarang ini banyak jajanan yang memakai pengawet, memakai pewarna teksil atau zat berbahaya lainnya.

Jika dibandingkan uang jajan kita dulu, uang jajan anak sekarang pasti sangat jauh berbeda. Lalu bagaimana dengan uang jajan anak selebriti ya? Yuk intip.

Suri Cruise

foto: Pinterest
foto: Pinterest

Suri Cruise sempat menjadi balita fenomenal karena punya blog fesyen sendiri di usia tiga tahun. Sejak usia lima tahun dia sudah menjadi penasihat fesyen pribadi bagi sang ibu, Katie Holmes. Sulit dipercaya bagaimana gadis sekecil itu sudah punya selera fesyen dan pandai memadupadankan warna. Sayangnya orangtua Suri, Katie Holmes dan Tom Cruise harus berpisah.

Suri yang kini tinggal dengan sang ibu mendapatkan uang jajan sebesar US$ 400 ribu atau setara dengan Rp 5,3 milar. Uang sebanyak ini tidak hanya untuk jajan, tapi juga untuk biaya pendidikan dan asuransi kesehatan.

North West

foto: the source
foto: the source

Layaknya anak selebriti lainnya, North West menajdi bulan-bulanan paparazzi seja dia dilahirkan. Semua yang dipakainya menjadi bidikan media karena merupakan perwujudan status sosial kedua orangtuanya, Kim Kadarshian dan Kanye West. Selama satu tahun, Kanye dan Kim memberikan US$ 2 juta atau setara dengan Rp 26 miliar untuk biaya pengasuhan dan barang-barang branded lainnya.

Kylie Jenner

foto: dailymail
foto: dailymail

Sebelum sukses denga kosmetikya, Kylie Cosmetic, Kylie Jenner tetap seperti ABG Hollywood dengan uang jajan melimpah. Adik tiri Kim Kadarshian ini konon mendapatan US$150 ribu alias Rp2 miliar per tahun. Namun ini tidak menjadikannya gadis manja. Kylie pun membangung bisnisnya dan hasilnya dia sudah bisa beli rumah ketiga di usia 21 tahun.

Anak-anak Michael Jackson

foto: abcnews
foto: abcnews

Meski meninggal dengan meninggalkan banyak utang, anak-anak Michael Jackson tetap hidup bergelimang harta. Bahkan Paris, Prince, dan Blanket menerima US$ 8 juta atau Rp 107 miliar setiap tahunnya.

El Rumi

foto: IG @elelrumi
foto: IG @elelrumi

Beralih ke dalam negeri, kira-kira berapa uang jajan anak selebriti Indonesia? El Rumi, anak pasangan Ahmad Dhani dan Maia Estianti mengaku uang jajannya Rp20 ribu saat SD, Rp30 ribu saat SMP, dan Rp50.000 saat SMA.

Jika dalam sebulan El mendapatkan Rp 1,5 juta, maka uang jajannya untuk setahun adalah sekitar Rp 18 juta. Namun dalam kesempatan lain dia mengaku tidak lagi meminta jajan ke orangtua karena sudah punya penghasilan sendiri.

Kenapa harus memberikan uang jajan pada anak?

Anak-anak mengembangkan kebiasaan dan sikap mereka tentang uang berdasarkan sikap orangtua dan bagaimana orangtua mengelola uang di rumah. Memberikan anak-anak uang saku adalah kesempatan besar untuk mengajar anak-anak mengenai nilai uang dan membantu mereka memahami pengelolaan uang. Apakah uang jana itu akan disimpan (ditabung), dihabiskan, atau disumbangkan.

Dengan memberikan anak uang jajan, orangtua dapat melatih anak dalam membuat keputusan soal uang. Misalnya apakah uang jajan itu akan dihabiskan atau disimpan untuk membeli sesuatu yang lebih besar.

Seberapa sering orangtua harus memberikan uang jajan pada anak?

Jika ingin mengajari anak cara mengelola uang, berikanlah uang jajan per minggu untuk anak yang lebih kecil dan per bulan untuk anak yang lebih besar hingga remaja. Cara ini membuat anak belajar mengelola uang. Jika diberikan per hari, anak cenderung berpikir untuk menghabiskan uang yang didapatnya hari itu karena besok akan mendapatkan uang jajan lagi.

Saat memberikan uang jajan, gunakan kesempatan tersebut untuk mengajak bicara anak tentang bagaimana uang jajan akan digunakan.

Berapa banyak yang harus diberikan?

Tergantung pada kesepakatan dengan pasangan. Jika anak sudah membawa bekal dan diantar jemput, maka uang jajan lebih difungsikan sebagai tabungan. Misalnya 50% untuk ditabung, 40% untuk jajan, dan 10% untuk amal.

Jangan terlalu banyak, karena nantinya saat dewasa anak akan jadi malas karena terbiasa ‘disuapi’ uang besar oleh orangtua. Diskusikan dengan sesama orangtua untuk menemukan nominal yang pas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s